Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Klaim Token Gagal Input

Cara klaim token gagal input


Di rumah kalian pake listrik prabayar atau pascabayar Mak? Nah kalo rumah Emak di komplek ini pake yang prabayar yang biasa dikenal sebagai listrik token. 

Listrik prabayar atau pascabayar ada plus minus nya sih. Dua-duanya Emak pernah mengalami masalah. Enaknya kalo ada masalah sama listrik Emak suka tinggal telpon ke 123. Gak lama masalah biasanya beres. 

Balik ke listrik token, enaknya tuh kita bisa menyesuaikan pemakaian dan juga enak untuk rumah kontrakan. Kalo gak ada yang ngontrak gak perlu repot isi token. Bill nya gak jalan sebagaimana listrik pascabayar. 

Nah gak enaknya, salah satunya adalah nomer token yang kita beli bisa saja bermasalah. Entah error di mananya. Tapi Emak pernah punya banyak pengalaman mengenai token bermasalah ini. 

Dulunya ini yang bermasalah adalah pelanggan Emak yang beli token listrik melalui Emak. Biasanya Emak sih tinggal nelpon aja ke 123 agar petugas datang. 

Mungkin ada sekitar 4X pengalaman dengan tetangga Emak. Tapi ada beberapa perbedaan sih. 

Saat pertama mengalami hal ini, petugas datang dan melakukan penyelesaian. 

Yang kedua sampai beberapa kali, petugas memberikan arahan melalui telpon. Yang terakhir yang Emak alami sendiri, petugas memberikan arahan lewat WA. Iya whatsapp. 

Yang perlu kalian tau mak, nomer token yang kita beli itu berbeda dengan nomer voucher untuk isi ulang pulsa. 

Kalo nomer voucher pulsa bisa dipakai untuk semua nomer di suatu provider, tapi nomer token itu special untuk satu nomer id pelanggan saja. Jadi nomer token itu gak bisa dipake ke listrik prabayar orang lain. Ngerti ya sampe sini. 

Sekarang kita akan segera bahas beberapa cara agar token yang kita beli bisa diklaim karena eror saat dimasukkan. 

Cara Klaim Token Gagal Input

1. Telpon ke 123

Untuk yang punya pulsa, bisa donk ya.. Lewat 123. Ikuti instruksi untuk menekan tombol yang sesuai dengan keinginan kita yaitu "berbicara dengan officer careline".

Setelah itu jangan lupa ceritakan bahwa kita mempunyai masalah dengan nomer token yang sudah dibeli. Biasanya kita diminta untuk memberitahu nomer id Pelanggan PLN kita. 

Tak lupa customer care bakalan memberi kita nomer kode aduan. Jangan lupa catat untuk jadi acuan seandainya dalam beberapa saat belum juga ada perkembangan. 

2. Aplikasi PLN Mobile

Ini rekomendasi nih. Kemarin Emak kehabisan pulsa untuk nelpon ke 123. Karena butuh cepat maka Emak ngetwit ke akun twitter resmi PLN 123.

Kalo cuma aduan mati listrik boleh, tapi kalo untuk token jangan! Kenapa? Banyak zombie gentayangan yang mau melakukan penipuan online. Seperti yang baru saja Emak alami. 

Alhamdulillah masih dilindungi oleh Allah sehingga Emak sadar bahwa Emak sedang berbicara dengan penipu. Gimana ceritanya? 

Awalnya Emak nge-twit soal token yang gak bisa diinput tiba-tiba dibalas. Eeeh ternyata Emak kurang cermat karena yang balas itu bukan akun resmi PLN 123 yang telah Emak tag tapi akun palsu yang memakai gambar PLN. 

Akun itu mengarahkan Emak untuk aduan langsung lewat link WA. Sembari WA Emak pun mendownload aplikasi PLN Mobile dan melakukan pengaduan dari aplikasi tersebut. 

Tak lama selesai mengadu dari aplikasi PLN Emak ditelpon seseorang seperti customer care PLN. Emak diminta menceritakan kronologi, setelah itu customer service gadungan itu mengatakan bahwa akan mentransfer kembali sejumlah uang yang telah dipakai untuk membeli token. 

Dari situ sudah mulai curiga donk.. Karena menurut pengalaman sebelumnya, Emak kan didatangi petugas atau dipandu lewat HP untuk input nomer token yang bermasalah tesebut. 

Dari situ Emak mulai iya iyain aja apa yang ia katakan sembari menulis di WA apa yang ia mau. Hehehe rupanya dari cara ia memandu, maksudnya Emak disuruh top up OVO miliknya. 

Petugas pln gadungan
WA dengan petugas zombie


Pura-pura bego, Emak bilang "eeeh ini kok jadi aku yang top up ke nomermu? "

Dia berkilah "tidak ibu, itu kan diawali dari nomer 0 jadi saya yang akan kirim uang ke ibu  "

Langsung keluar orang Medan nya "heh.. Ko kalo mo nipu.. " belum siap Emak marahin langsung dimatikan panggilan telpon tersebut. 

Mh.. Lain kali hati-hati ya.. 

Back to topic.. 

Setelah selesai pengaduan lewat aplikasi, gak lama masuk nomer WA dari petugas asli. Dapat diketahui dari infomasi yang ia berikan dan sama nomer kode pengaduan yang sama ketika Emak melakukan pengaduan lewat aplikasi. 

Cara klaim token gagal input
Mudahnya dipandu lewat WA


Alhamdulillah prosesnya cepat loh. Petugas tinggal memberikan instruksi mengikuti informasi yang ia berikan. 

Kalo kita belum terlalu mengerti bisa lewat panggilan WA kembali. Mudah banget sebenarnya. Jadi jangan panik saat nomer token gagal input ya. 

Pilihan cuma 2! Lewat telpon 123 atau melalui aplikasi PLN Mobile. 

Gimana?

Mudah banget kan mak! 

Yuk cerita.. Punya pengalaman serupa gak soal gagal input nomer token PLN? 




blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

12 komentar untuk "Cara Klaim Token Gagal Input"

  1. Curiga bukan petugas aslinya Yumna dari lihat nomor wa-nya, soalnya kode digit pertamanya bukan kode nomor telepon Indonesia

    BalasHapus
  2. Biasanya kalau beli token listrik itu langsung atau online sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua2nya bisa yumna.
      Dulu sebelum beli pake bank online, kami beli via alfamidi, karena dekat dari rumah.

      Hapus
  3. Aku masih langganan / pasca bayar kalau listrik, tapi anakku yang kos pakai token jadi aku tahu cara belinya. Selama ini belum pernah gagal sih, tapi sharing ini bisa jadi pembelajaran nanti.

    BalasHapus
  4. Dulu juga pernah problem waktu masukin no token, berkali2 ga bs, agak panik jg. Trnyta kurang nomornya, 4 nomor trakir ada dibawah tulisan, ga kliatan. Hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada saran ga kira2 beli token listrik paling murah via apa ya? Slama ini dana 1500 admin nya, ada yg lebih murah lagi ga ya?

      Hapus
  5. Ternyata mudah ya kalau gagal input token, aku kira bakalan ribet. Karena di grup komplek pernah ada yang tanya soal gagal input token ini.

    BalasHapus
  6. Baru tau ada aplikasi PLN mobile. kalau dari cerita ini, aplikasinya lebih berguna dan membantu, bahkan prosesnya juga cepat ya. Skrg emang lg marak banget penipuan dan melakukan segala cara

    BalasHapus
  7. Serem banget cara oknum memanfaatkan kesulitan orang ya, Mak. Beruntung, deh baca post ini, soalnya saya juga jualan token, hahaha. Alhamdulillah sampai hari ini aman, tetapi berguna banget buat bekal menghadapi problem kayak gini.

    BalasHapus
  8. Belum pernah pulak gagal input.
    Kalo gagal bukannya bisa diulang lagi ya?

    BalasHapus
  9. Kalau pake token tu inget bunyi bunyi an nya kalau udah mau habis hihihi

    BalasHapus
  10. Saya dulu pernah sekali beli token listrik, tapi lewat shopee sih. Alhamdulillah berhasil. Emak hebat nih, walau ditelpon gitu bisa menyadari kalau sedang ditipu. Kalau saya, tipenya mudah terpengaruh lewat suara :(, waktu itu sih Mak, saya pernah juga ditipu lewat telpon. Modusnya juga sama mindahin ke e-wallet. Anehnya ngerasa yakin pulalah. Setelah uangnya habis baru nangis.

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️