Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengolah Daging buat Emak Mager

Mengolah Daging buat Emak Mager


Selamat Idul Adha Mak! Eh jatah daging kurban udah dimasak apa nih?

Emak tuh sebenarnya gak terlalu ribet soal menu perdagingan. Soalnya anak-anak di rumah selalu makan apapun yang disajikan. Benar ya.. Ujian itu bernama kemudahan.

Akibat anaknya mau makan apapun, Emak jadi semakin mager mengolah daging. Bukan gak diolah sih. Tapi diolah dengan cara simpel.

Kuy intip menu simpel apa yang bisa dimasak sama daging.

1.   Rendang Sapi

Loh kok rendang? Eh masak rendang tuh sekarang udah mudah banget loh zaman now Mak. Gak pake giling bumbu sampe gongseng kelapa lalu menumbuknya. 

Ada banyak sekali bumbu jadi yang ditawarkan tinggal bagaimana kita memilih sesuai selera kita.

Cukup beli bumbu dan santan. Lalu masukkan semua bahan beserta daging beserta air. Tinggal tunggu air menjadi sat daging pun siap disantap. 

Effort bikin rendang zaman now gak sesuliy zaman belum dijualnya bumbu praktis. Asyiknya itu mendukung sekali Emak mager seperti saya kalian. Wkwkwkwk 

2. Sup Daging

Siapa bilang sup daging itu ribet. Bahkan kalo punya slow cooker masak sup itu bisa ditinggal sambil tidur.

Pengalaman Emak masak sup dengan slow cooker begini:

Masaknya saat malam menjelang tidur. Emak masukkan bumbu sup beserta daging dan tulang juga tidak lupa bawang merah dan bawang putih yang sudah ditumis hingga harum tambahkan air lalu tutup slow cooker.

Bangun menjelang subuh masukkan sayuran seperti wortel dan kentang. Tutup kembali. Setelah selesai shalat subuh sudah bisa putar slow cooker ke mode hangat/warm. Masukkan irisan seledri dan daun bawang. Sudah bisa dinikmati sup hangat untuk sarapan.

3. Sate 

Gimana ceritanya sate kok simpel. Wkwkwk. Ini sate dengan oven karena mode mager mak.

Coba deh malam hari daging yang sudah dipotong kecil-kecil dimarinasi dengan bumbu barbekyu. Emak pake korean barbeque ala delmonte. 

Diamkan di kulkas sampai pagi. Paginya, tusukkan daging ke lidi sate sampai habis. Masukkan ke oven 20-30 menit tergantung besar kecil daging.

Voilaaaaa Sudah bisa dinikmati dengan nasi hangat. Kalo mau bikin lontong sate untuk menambah kemqgeran tinggal pesan lontong beberapa batang ke penjual /tetangga.

Nah bumbu kacangnya, Emak suka buat sendiri. Gak ada gilingan, masukkan saja ke blender. Mudah lah ini. 🤣

4. Kari Daging Kambing

Sudah tau kan betapa mudahnya buat kari kambing? Ya pasti dengan bumbu jadi lah. Wkwkwk.

Cukup beli bumbu sesuai selera. Untuk kari ala Medan jangan lupa tambahkan santan. Sementara kari ala Aceh tidak perlu menambah santan. 

FYI Medan karena dipengaruhi budaya melayu yang suka makanan berlemak, semuanya suka sekali ditambah santan. Soto Medan ya pake santan. Kari pun begitu. 

Lebih nikmat makan kari dengan roti jala. Tau panganan ini Mak? Nah daripada ribet buatnya dan demi menjalin hubungan baik dengan tetangga Emak sih pilih minta dibuatkan saja (beli jadi sama tetangga). 

Untuk acarnya, Emak tinggal potong-potong nenas, timun, bawang merah dan cabe merah. Tuang cuka. Waaah segar sekali.

5. Sambal Daging

Sambal daging juga gak ribet. Cukup rebus daging sampai empuk. Buat sambal kasar seperti biasa. Masukkan daging dan kuah kaldu hasil merebus daging.

Tambahkan garam, koreksi rasa. Wahhhh sudah jadi deh sambal daging yang gurih. 

Nah.. Kalo kalian Mak sudah dimasak apa nih daging kurban kemarin? Kuy cerita di kolom komen yuk...







blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

3 komentar untuk "Mengolah Daging buat Emak Mager"

  1. Saya kira saya paling mager, Mak. Hehe... Saya tapi kayaknya lebih parah nih. Kalau boleh kasih resep ala saya yg mageran, punya banyak daging, biasanya saya masukin freezer. Lalu beberapa penggal saya keluarkan buat stok sehari dua hari.

    Potong2 ukuran sate atau fillet, lalu marinasi dengan jeruk nipis/lemon. Baluri dengan bumbu (ulekan garam, ketumbar, kemiri, bawang putih dan gula merah), lalu masukin lagi ke kulkas bagian pendingin aja (bukan freezer).

    Kalau mau makan, tinggal panggang di atas teflon. Enak loh ini, Mak. Hehe

    BalasHapus
  2. Aku yang gak bisa masak biasanya pakai bumbu cepat saji. Walau tetap harus cek beberapa hal, apalagi untuk daging sapi biar gak alot.

    BalasHapus
  3. Enak-enak banget ya, Moms. Kaya sate, selain rasanya yang enak, pembuatannya juga seru. Apalagi kalo satu keluarga bikin bareng-bareng, dapet banget tuh momennya!

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️