Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruang Imersif di Musperin

 

Ruang imersif di Musperin

Hai Mak.. Liburan semesteran udah ngajak anak kemana? Sini Emak bisikin liburan bawa anak yang low budget tapi sangat banyak manfaat dan informasi yang berguna buat anak. Ke mana?

Ke Museum yuk.. Ehh museum? Gak takut bosen? Gak donk.. Ini Musperin alias Museum Perkebunan Indonesia.

Museum Perkebunan Indonesia ini terletak di Jalan Brigjend Katamso No.53, Kp. Baru, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20215. Masih satu komplek dengan Avros.

Sejarah Musperin

Ketua Dewan Pendiri Museum Perkebunan Indonesia (Musperin), Soedjai Kartasasmita mengatakan, Museum Perkebunan Indonesia (Musperin) yang diresmikan Menteri Pertanian pada 10 Desember 2016 lalu, dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Perkebunan Nasional Indonesia ke-59 yang dipusatkan di Medan, Sumatera Utara. 

Dan memang masih satu komplek dengan AVROS karena menggunakan salah satu bangunan miliki Pusat Penelitian Kelapa Sawit di Jalan Brigjend Katamso, Medan. Bangunan peruntukan Museum ini, sejak 1926 dipergunakan sebagai Administrateur huis (rumah administratur) yakni V. Ris, pimpinan pertama AVROS Proef station (Balai Penelitian AVROS).

Ngapain Ke Musperin?

Di Museum Perkebunan Indonesia kita bisa mendapatkan banyak informasi tentang hasil perkebunan di Indonesia seperti kelapa sawit, kopi, teh, karet, coklat, tembakau, hingga rempah seperti lada, kayu manis, cengkeh, dll.

Di sini bukan hanya ada sejarahnya saja, tapi juga ada bentuk nyatanya hingga informasi mengenai kegunaan dari hasil-hasil perkebunan tersebut.

Selain itu, sejak Senin 1 Juli 2024 Musperin launching ruang imersif dengan teknologi 4D yang keren. Apa itu Ruang Imersif?

Ruang Imersif di Musperin

Teknologi imersif merupakan sebuah teknologi informasi, di mana seluruh dinding dan lantai di sebuah ruangan diproyeksikan gambar bergerak yang dilengkapi dengan tata suara, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman yang unik dan menarik.

Ruang Imersif ini berada di Lantai 2 Musperin. Jadi, sebelum masuk kita wajib memakai alas kaus kaki berwarna putih (sudah pake kaus kaki pake alas lagi 😁) untuk mencegah kotornya ruang imersif karena semua area berwana putih. 

Setelah masuk ruang imersif kita disajikan video edukasi tentang perkebunan sawit serta seluruh infomasinya secara utuh. Sebenarnya sawit itu baik. Tinggal bagaimana regulasi hingga penegak hukum yang mesti ketat. 

Tiket Masuk Musperin

Masuk ke Musperin murah meriah. Sebelum adanya ruang imersif hanya 10 ribu kita sudah bisa menikmati benda-benda sejarah museum perkebunan. 

Setelah ruang imersif launching, tiket masuk hanya 20K rupiah. Cukup murah karena pengalaman yang kita dapatkan sangat memuaskan. 

Oh ya museum buka sejak pukul 9 pagi ya. Masuk ke dalam juga tidak boleh pakai sepatu. Di depan tiket penjualan ada rak sepatu khusus pengunjung. Kita bisa meletakkan sepatu di sana.

Ruang di dalam Musperin sangat bersih dan rapi. Dengan bangunan kuno bergaya jaman penjajahan gedung Musperin ini membuat kita nyaman di dalam karena sirkulasi udara sangat baik meski gak ada AC di dalam. 

Pokoknya liburan ini wajib bawa anak ke Musperin agar liburannya seru dan kaya informasi. Kuy tunggu apalagi.. Yuk datang ke Musperin.


blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

5 komentar untuk "Ruang Imersif di Musperin"

  1. Sayang ya, malah setelah kami hinrah baru ada 4D kayak di musperin.
    Beberapa kali saya liat yang 4D gini lewat di laman IG, museum nasional di jakarta. Dan pengen ajak anak ke sana kelak.
    Dan di Medan malah ada oasca pindah. ☺

    BalasHapus
  2. wuah seru ya kak. Apalagi teknologi multimedia yang disuguhkan adalah teknologi 5D. Baru pertama di Indonesia. Anak-anak sangat senang sekali disana karena full colour. Selain seru-seruan main, kita juga bisa mengedukasi anak-anak ya kak.

    BalasHapus
  3. Pas Mereka rilis tiket masuk seharga Rp 20.000 kaget juga. İtu murah dan worth it banget. Apalagi dengan semua fasilitas yang ada di Musperin 👍🏻

    BalasHapus
  4. Seneng banget nih anak-anak bisa diajak ke Musperin. terutama anak di atasn 3 tahun yang sudah masuk PAUD biasanya antusias dengan ilmu baru, karena terbiasa dengan pengajaran di sekolah.

    BalasHapus
  5. Kalo masih di medan kemaren tu, kami bakalan ikut de ke musperin tuh (insyaAllah), pasti anak-anak senang.
    Wong emaknya aja liatnya seneng.

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️