Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyiapkan Sarapan Praktis

 

Menyiapkan Sarapan Praktis

Bagi emak yang punya anak sekolah, pagi hari adalah saat hectic. Ngeliat tumpukan baju kotor, nyiapin sarapan, bantu anak bersiap ke sekolah, hingga menyiapkan bekal untuk dibawa sekaligus ke sekolah.

Kalo Emak sendiri biasanya selain hari Senin dan Kamis selalu mengantar bekal di jam 9. Jadi cuma hectic sebelum jam 7 untuk menyiapkan sarapan. 

Tapi, karena kami terbiasa sarapan dengan makanan yang tidak terlalu berat  maka ada beberapa ide sarapan praktis yang bisa dibagi buatmu Mak..

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sarapan adalah makanan atau kegiatan makan dan minum yang dilakukan pada pagi hari, antara bangun pagi sampai jam 9. Sarapan memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30%) dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif. 

Kata sarapan berasal dari kata sarap yang diberi akhiran –an, kata sarap atau menyarap adalah kata kerja yang berarti makan sesuatu pada pagi hari.

Dilansir dari halodoc sarapan sebaiknya mengandung karbohidrat lengkap dengan protein dan serat. Mh.. Kalo sedang terburu atau pengen sarapan praktis gimana? 

Kuy lah ide sarapan praktis untuk emak di rumah.

1. Nasi Goreng

Kalo bisa sih pake nasi dingin sisa makan malam. Kalo masak lagi jadi kurang praktis. Apalagi kalo masak di tungku kayu bakar. Beneran gak praktis 🤣. Candaaaaa mak.

Biar nasi gorengnya enak dan sehat jangan lupa tambah potongan wortel kotak kecil untuk dicampur ke nasinya.

Oh ya, buatkan juga omelet atau telur mata sapi biar kebutuhan protein pagi ini tercukupi. Wiiih dijamin anak-anak gak bosen loh sarapan nasi goreng.

Malah di rumah Emak, yang bosen itu emaknya yang masak menu nasi goreng mulu. 😁

2. Sandwich 

Roti sandwich atau lebih praktis lagi burger sih kalo di rumah Emak. Sarapan pake burger atau kadang dijadikan bekal adalah bekal favorit anak-anak. Ini sih gak dikasih tiqp hari. Emak masih batasi penggunaan saos sih buat konsumsi.

Sama seperti nasi goreng, gak ada kata bosen sih mereka. Sekali lagi... Yang buat burger/sandwichnya yang bosen.

3. Nasi putih Telur Ceplok

Nasi putih telur Ceplok rasanya adalah juara makanan paling praktis. Bahkan si nomer 4 kami udah biasa masak telurnya sendiri. 

Entah itu mata sapi atau telur dadar dia udah jago lah sampe nawarin Emaknya mau dimasakin atau gak. Hihi

Satu butir telur ayam berukuran besar mengandung sekitar 7 gram protein.

Kandungan vitamin A, D dan E terdapat dalam kuning telur. Telur memang dikenal menjadi salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Satu kuning telur besar mengandung sekitar 60 kalori dan putih telur mengandung sekitar 15 kalori.

Beruntungnya, anak-anak di rumah gak pernah bosen makan telur. Padahal mereka suka segala jenis makanan tapi gak pernah ngeluh kalo sarapan telur mulu.

4. Roti Bakar

Variasi sarapan lain yang praktis adalah roti bakar. Anak-anak tentu saja sukanya roti bakar isi coklat. Ditambah keju juga semakin mantab.

Kadang kalo kehabisan coklat atau selai Emak biasa membuat roti bakar isi gula. Setelah roti dioles dengan mentega/margarin Emak letakkan gula di dalamnya. 

Rasanya lebih ke kenangan sih. Masa kecil dulu roti bakar praktis ini dimasukkan mama dalam pemanggang roti yang dioles dengan mentega dan gula. 

5. Pisang Bakar/ Pisang Goreng Crispy.

Pisang merupakan sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai antioksidan serta fitonutrien yang sehat.

Dengan kandungan tersebut, pisang mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah menyehatkan jantung dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. 

Satu buah pisang berukuran sedang atau 100 gram mengandung 89 kalori, 75 persen air, 1,1 gram protein, 22,8 gram karbohidrat, 12,2 gram gula, 2,6 gram serat, dan 0,3 gram lemak.

Maka, pisang bakar atau pisang goreng crispy bisa jadi pilihan praktis sarapan di pagi hari. Apalagi ditambah parutan keju dan meises coklat. Wah ini bisa nambah banyak sarapannya.

6. Sereal dan Oat

Selain praktis, sarapan dengan sereal atau oat juga memenuhi kebutuhan gizi pagi hari. Pas banget kalo sedang terburu di pagi hari. 

Sereal yang terbuat dari gandum utuh juga merupakan sumber vitamin B, selenium, mangan, fosfor, tembaga antioksidan dan beberapa senyawa aktif yang dapat bermanfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Sementara Oat mengandung lebih dari 50 nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda, termasuk karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, asam folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi.

Jadi gakpapa sih kalo sarapan diselang-seling dengan menu sereal atau oat. Yang penting setiap hari disempatkan untuk sarapan sebelum beraktivitas. 

Nah itu beberapa menu praktis sarapan di rumah Mak. Kalo kamu Mak biasanya yang praktis apa sih yang kamu sajikan?


blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

11 komentar untuk "Menyiapkan Sarapan Praktis"

  1. 5 dan 6 blum pernah jadi menu sarapan.
    Nasi goreng, sandwich, roti bakar, bubur ayam, biasanya itu aja di rolling biar ga bosen.
    Nasi goreng pake kayu bakar memang kurang praktis cha, apalagi kalo kayu bakarnya nyari dulu ke hutan, pake tudung merah, bis tu ketemu srigala 😩 makin ga praktis

    BalasHapus
  2. Hampir sama sarapannya, pokoknya ga terlalu berat yang praktis saja ...Paling sering anakku makan sereal dan telor, atau sandwich, menu nasi buat bekal sekolah dimakan jam istirahat (jam 10)

    BalasHapus
  3. Sarapan mnjadi hal yang wajib untuk setiap dari kita. Namun, perlu ada menu yang disajikan dengan praktis karena mengingat waktu untuk pembuatannya. Apalagi jika kita sebagai orang tua yang bekerja semuanya. Perlu starategi untuk membuat sarapan yang enak dan berkualtias

    BalasHapus
  4. Buat ibu-ibu seperti saya, punya stok resep praktis begini emang penting bgt Kak. Apalagi anak udah 2, ditambah sibuk dengan pekerjaan frrelance.
    Pagi butuh sarapan dengan cepat tapi tetap lezat dan bergizi. Wih, jadi laper pengen nasi goreng. Haha

    BalasHapus
  5. Saya selalu sedia sereal untuk jadi bahan sarapan praktis anak, Kak :)
    Pagi hari memang masa yang hectic tapi sekarang anak2 menyiapkan sarapannya sendiri, saya sudah agak santai :)

    BalasHapus
  6. setuju banget kalau sarapan sebaiknya karbo plus protein. aku biasanya bikin menu nasgor sm roti bakar, hihi
    sereal sm pisang goreng juga sering sih. :D

    BalasHapus
  7. Nasi goreng yang Pali sering saya bikin. Sampai pernah anak dan suami bilang bosan sakinh seringnya masak nasi goreng. Habis selalu tersisa nasi semalam. Dibuang sayang ya digoreng deh...
    Kalau lainnya itu meski praktis saya belum pernah buat. Kecuali ceplok telor itu. Hehe...

    BalasHapus
  8. Awak lagi nyari ide menu sarapan sat set lainnya ni cha...
    Kecuali nomer terakhir awak swring bikin kan...
    Tapi anaknya tetap aja bosan. Di sini ga da lontong. Adanya nasi megono. Anaknya kurang suka, padahal enak kali la

    BalasHapus
  9. Awak lagi nyari ide menu sarapan sat set lainnya ni cha...
    Kecuali nomer terakhir awak swring bikin kan...
    Tapi anaknya tetap aja bosan. Di sini ga da lontong. Adanya nasi megono. Anaknya kurang suka, padahal enak kali la

    BalasHapus
  10. Nasi goreng memang makanan paling simpel ya kan, apalagi masaknya cuman iris bawang dan masukin telor aja hehehe. Anakku paling doyan makan roti pake selai, klo dibakar belom sih tapi nanti aku coba deh

    BalasHapus
  11. Nasi putih telur ceplok sama kecap, rasanya enak banget. Cukup lah buat sarapan. Sarapan sebetulnya tidak perlu yang repot, cukup yang simpel saja ya, Mba.

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️