Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Cuka Apel

Manfaat Cuka Apel


Sering merasa dengkul sedikit nyeri saat naik turun tangga. Padahal ya umur gak tua-tua amat. Tapi kok perasaan udah jompo aja.. 😁

Pernah ngalamin gitu juga Mak? Selidik punya selidik ternyata saat itu score asam urat melewati angka normal. Untuk perempuan, normalnya sih di bawah angka 6 ya. Tapi kemarin itu sempat kelewatan dikit. 

Memang gak ada sih gejala sakit di sendi seperti kaki atau tangan. Tapi itu tadi.. Kenapa naik tangga seperti ada yang nyeri meski sedikit.

Nah asam urat itu gak sekedar karena kelebihan asam uric atau kelebihan konsumsi makanan mengandung purin. Lebih dari itu, merupakan warning sign bahwa ginjal kita gak sehat.

Bisa jadi karena kita kurang minum air putih padahal konsumsi makanan ber-purin lumayan sering. Penumpukan zat kristal si asam uric tadi lah yang tidak diproses secara sempurna oleh ginjal untuk dikeluarkan melalui urin atau feses. Jadinya menumpuk di sekitar sendi sehingga sendi terasa sakit.

Mh.. Belakangan Emak suka konsumsi cuka apel. Btw ini salah satu makanan baik untuk kesehatan ginjal selain mencukupkan kebutuhan air harian. Selain untuk kesehatan ginjal apa ya manfaat cuka apel? Kuy lah kita bahas..

Manfaat Cuka Apel untuk Tubuh

1. Mengatur Kadar Gula Darah

Dalam jurnal Diabetes Research and Clinical Practice dengan judul Vinegar Consumption Can Attenuate Postprandial Glucose and Insulin Responses; a Systematic Review and Meta-Analysis of Clinical Trials. Studi tersebut menemukan bahwa cuka apel dapat mengurangi kadar glukosa dan insulin postprandial.

Hal ini dikarenakan cuka apel mampu mengatur pelepasan gula dalam karbohidrat yang kita konsumsi sehingga tubuh gak mengalami lonjakan kenaikan gula darah secara tiba-tiba sehabis makan.

2. Melindungi Sel Tubuh

Ternyata dalam cuka apel terdapat senyawa polifenol. Polifenol ini sebagai antioksidan artinya melindungi sel kita dari banyak sekali radikal bebas. 

Btw dengan kata lain bisa menaikkan imun tubuh juga ini mak.. Keren juga ya ..

3. Mencegah Asam Urat

Cuka apel dapat mencegah penumpukan asam urat (uric acid) dengan cara meningkatkan alkalinitas (kebasaan) dan pembuangan asam urat dari dalam tubuh.

Nah cocok nih untuk remaja jompo mak, hehe

4. Membantu Program Diet

Sebelum mengkonsumsi makanan berat, dengan minum cuka apel kita bisa mendapatkan manfaat mengurangi berat badan.

Bisa juga untuk mengurangi perut buncit ini Mak.. 

5. Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Cuka Apel juga dapat membantu mengurangi kadar kreatinin dalam tubuh dan mencegahnya meningkat sekaligus mencegah terbentuknya batu ginjal.

Tapi yang terpenting jangan sampai lipat penuh kebutuhan air tubuh. Konsumsi air putih jangan sampai kurang mak.


Cara Minum Cuka Apel

Oh ya, cuka apel gak bisa langsung dikonsumsi mak. Merusak email gigi dan menyakiti tenggorokan.

Cara benar mengkonsumsi cuka apel dengan menuangkan satu atau dua sendok cuka apel ke dalam segelas air hangat. 

Boleh dicampur dengan madu untuk rasa lebih nyaman di lambung. Oh iya, minum dalam keadaan perut kosong ya mak. 



Sumber Tulisan:

https://www.halodoc.com/artikel/inilah-11-manfaat-cuka-apel-untuk-kesehatan

blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

Posting Komentar untuk "Manfaat Cuka Apel"